Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

05 Mei 2009

Karakter Bayi

5 Karakter Bayi & Cara Mengasuhnya

Jenis-jenis karakter bayi :


1. Si pemalu / Mudah Takut
Ciri-cirinya : Sering tak mau dilepas dan mudah gelisah
Kiat Menenangkan : Jangan paksa dia berinteraksi dengan orang lain. Jangan pula terlalu mengisolasi dia dari orang lain. Dengan lembut perkenalkan dia pada situasi lingkungan sekeliling yang baru.
Saran : Bertemu orang baru, berada diantara banyak orang. kiss bye ketika mama & papa harus berangkat kerja.

2. Si Mudah Ngambek
Ciri-cirinya : Suka semaunya sendiri, sering menangis &gampang kesal
Kiat menenangkan : Bayi dengan sifat seperti ini mudah marah, jadi cobalah lebih sabar. Akan membantu kalau anda memberikan dia masa transisi di antara berbagai kegitannya. Jangan biarkan dia menyentuh mainan atau buku di toko bila Anda tak membelinya. Disiplinlah pada rutinitas yang menenangkan.
Saran : Hindari mainan yang agak susah diutak atik, beranjak dari permainan atau situasi yang asyik dan menyenangkan, perubahan dari suatu rutinitas.

3. Si Sensitif
Ciri-ciri : Gampang resah & rewel
Kiat menenangkan : Hindari kain-kainyang gatal seperti bahan wol dan gunting label pakaian yang bisa mengganggunya. Pilih tempat belanja terdekat jikalau mengajaknya, karena bayi dengan sifat seperti ini mudah ngambek & berapi-api.
Saran : Berikan pakaian yang nyaman, jangan biarkan si kecil merasa terlalu panas atau terlalu dingin. Hindari lingkungan yang berisik atau tempat yang terlalu yang terang.

4. Si Ceria
Ciri-ciri : Tidak rewel dan mudah tersenyum hingga tertawa lebar.
Kiat menenangkan : Anda termasuk beruntung ! Bayi seperti malaikat ini jarang sekali membutuhkan membutuhkan penanganan khusus.
Saran : Bayi jenis ini bisa dibilang bayi idaman. Namun ingat ya, bahkan anak yang paling manis pun sesekali bisa rewel.

5. Si Aktif
Ciri-ciri : Maunya bergerak terus, tak mau diam.
Kiat menenangkan : Saat menempuh perjalanan yang lumayan jauh menggunakan mobil, sering-seringlah berhenti agar dia bisa bebas dari tempat duduknya. Sediakan mainan seperti bola-bola yang bisa melambung dan peralatan olahraga yang jumlahnya cukup untuk mengimbangi energinya yang seolah tak terbatas.
Saran : Ajarkan duduk diam selama beberapa waktu tertentu, misalnya di restoran atau saat di kursi makan.


Disadur dari : M & K /27/04-10/05

Tidak ada komentar: