Subscribe

RSS Feed (xml)



Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

24 Januari 2009

MELASMA / FLEK HITAM

MENCEGAH MELASMA / FLEK HITAM

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Hal itu juga berlaku buat melasma. Pemicu utama muncul dan bertambahnya melasma adalah sinar matahari dan penggunaan kosmetik. Untuk mencegahnya dapat dilakukan cara-cara sebagai berikut :
  • Gunakan Tabir Surya, tabir surya bisa berupa fisik dan kimiawi. Fisik bisa berupa penggunaan payung, topi, tudung, dll. Sedangkan tabir surya kimiawi adalah penggunaan krim-krim atau sunblock/sunscreen. Penggunaan tabir surya dapat melindungi kulit dan menghambat pembentukan pigmen terlalu cepat. Apalagi bagi yg berbakat flek, harus selalu menggunakan tabir surya.
  • Hindari penggunaan kosmetik yg tak perlu, jauhkan penggunaan kosmetik yg berwarna disiang hari, semisal blush on. Bagaimanapun juga kosmetik memiliki kandungan kimia yg dapat mengiritasi kulit. Apalagi umumnya kulit orang Asia cukup sensitif. Jika kulit terganggu dengan hal yg sifatnya iritatif sel melanosit sebagai pembentuk pigmen menjadi reaktif atau overaktif, gangguan kulit pun mudah terjadi.
  • Gunakan Pemutih Wajah yg aman, biasanya untuk menutupi bercak hitam pada wajah banyak wanita menggunakan kosmetik pemutih wajah. Memang cara ini dapat membantu menekan hiperaktivitas melanosit pembentuk pigmen. Namun pilihlah pemutih wajah yg aman dan ringan, misalnya yg mengandung hydrogynon dan licorice. Kandungan ini bekerja dalam rantai pembentukan melanosit yg bisa menghambat pembentukan pigmen. Jangan pakai sembarang pemutih wajah, karena ada yg bersifat sitotoksid. Artinya, kandungan bersifat menghancurkan sel melanosit atau sel pembentuk pigmen. Jika tetap dipakai, tentunya pigmen akan hancur. Akibatnya kulit tidak lagi memiliki tameng atau pertahanan diri dari bahaya sinar matahari.

    Tips cantik bugar Nakita 512/TH.X/19-25 Januari 09

Tidak ada komentar: